Minggu, 05 Desember 2021

Gowes Sambil Berwisata, Samsugo Bekasi Kunjungi Tempat Wisata di Purworejo dan Kulonprogo

KULONPROGO, KABARJOGJA.CO.ID - Puluhan anggota Komunitas Gowes Samsugo dari Bekasi, Jawa Barat, bersama sejumlah pegowes Purworejo, Jawa Tengah, mengikuti Tour Santai dengan gowes bersama mengunjungi sejumlah obJek wisata di Kabupaten Purworejo dan Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (4/12/2021). 

Mereka melakukan gowes dengan star dari Desa Sumberejo Kecamatan Ngombol lalu menyusuri jalan-jalan desa menuju lokasi wisata dengan menempuh jarak sekira 80 Km hingga kembali finish di Desa Sumberrejo. 

Ada 4 lokasi yang mereka kunjungi, di antaranya Waduk Sermo Yogyakarta, Yogyakarta International Airport (YIA), hutan mangrove Kadilangu dan pantai Dewaruci Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi-Purworejo. 

"Kegiatan ini untuk mengenalkan tempat-tempat wisata di Purworejo dan DIY kepada teman-teman komunitas Samsugo, dimana para anggota komunitas Samsugo sendiri sebagian merupakan orang-orang Purworejo yang kebetulan tinggal di Bekasi dan sengaja kita ajak datang ke Purworejo untuk kita kenalkan wisata yang ada di Purworejo dan Yogya," ungkap Suprapto, pegowes asal Desa Somorejo Kecamatan Bagelen, saat ditemui di sela gowes. 

Dikatakan, banyak tempat wisata yang menarik lainnya, belum sempat dikenalkan serta dikunjungi oleh para pegowes asal luar daerah. "Masih banyak tempat wisata yang belum bisa dikunjungi karena waktu mepet namun alhamdulillah sudah sesuai target dengan mengunjungi empat tempat wisata," katanya. 

Koordinator komunitas Samsugo Bekasi, Muhammad Novizulsyah bersama anggota, Muhammad Yasin, mengatakan, mereka baru mengetahui jika Purworejo dan Kulonprogo memiliki potensi wisata yang sangat indah. Mereka selama ini baru mengetahui tempat-tempat wisata itu dari medsos. 

"Maka kami menyarankan bagi rekan-rekan yang belum kesini bisa dicoba untuk datang dengan mengunjungi spot-spot destinasi wisata di daerah Purworejo dan Yogyakarta," katanya. Diakui, dirinya merasa senang dengan kegiatan gowes tour santai dengan mengunjungi Purworejo itu. Kegiatan itu sudah sejak dua tahun lalu telah direncanakan, namun lantaran pandemi Covid-19, kegiatan gowes tour santai baru bisa dilaksanakan saat ini. 

"Alhamdulillah banyak spot wisata yang cukup menarik dengan medan yang cukup menantang baik di Purworejo maupun di Kulonprogo," ucapnya. Dijelaskan, komunitas gowes Samsugo adalah nama singkatan dari kata sama-sama suka gowes. Komunitas itu beranggotakan sekitar 70 orang yang terdiri atas para pensiunan pegawai di Bekasi dan sekitarnya. 

"Jadi komunitas itu ada sejak 7 tahun lalu, awalnya dari kita kumpul-kumpul, lalu kita sama-sama gowes dan kita batasi usia dengan prinsip sama-sama hepy sama-sama gowes," ujarnya. Kuslarno pegowes dari Bekasi, menambahkan, komunitas gowes Samsugo dibentuk lebih mengedepankan kebersamaan, menjalin tali silaturahim dan mencari sehat yang murah. Mereka hampir setiap harinya melakukan aktivitas gowes secara rutin dengan menempuh jarak minimal 20-25 Km. 

"Kita hobinya mencari lokasi yang tanjakan dan menantang di samping kita mencari suasana baru juga sekaligus berwisata tapi tujuannya adalah satu yaitu sehat," tambahnya. 

Sejumlah lokasi wisata dengan jalan cukup menantang baik di Jawa Barat dan Jawa Tengah telah mereka datangi. Selain bergowes mereka juga berwisata untuk menghilangkan kejenuhan. "Purworejo luar biasa, trek cakep dengan tanjakan yang cukup ekstrim dan ke depan akan kita agendakan untuk mengunjungi tempat -tempat wisata lain di Purworejo. Kami ingin menjalin kebersamaan dengan komunitas selain itu juga mengenalkan wisata kepada teman-teman pegowes dari luar daerah," tutupnya. (widarto)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

Info Harga Sembako Jogja

INFO CUACA KALTIM