Minggu, 20 Agustus 2023

Angkat Potensi Wisata Purworejo, KRJ Solo Rayakan HUT RI di Desa Benowo-Bener

 Desa Benowo menjadi Salah Satu Desa Penyangga Kawasan BOB

PURWOREJO, KABARINDONESIA.CO.ID - Puluhan warga yang tergabung dalam Komunitas Rakyate Jokowi (KRJ) Solo, menggelar perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan cara mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Kunir, Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (17/8/2023).  

Sebelum mengibarkan bendera Merah Putih, KRJ Solo dan Pemerintah Desa Benowo melakukan prosesi pemotongan tumpeng sebagai tanda persahabatan di halaman Pendopo Gunung Kunir. Selain itu mereka juga saling memberikan kenang-kenangan berupa pemberian suvenir dan oleh-oleh khas Desa Benowo, baik kepada sejumlah tokoh di Desa Benowo dan pengurus KRJ. 

Kedatangan KRJ di Desa Benowo juga disambut hangat dan meriah dengan suguhan pentas tari tarian Dayakan dan organ tunggal. Hadir dalam kegiatan itu, Pj Kepala Desa Benowo, Jihad Abdani, perangkat Desa Benowo, sejumlah tokoh serta warga Desa Benowo. Humas atau juru bicara KRJ Solo, Niken, mengatakan KRJ merupakan sebuah komunitas yang berisikan anak-anak muda pecinta alam, pecinta budaya, pecinta lingkungan atau pemerhati lingkungan, yang telah berdiri sejak tahun 2019. 

Adapun perayaan Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Desa Benowo itu merupakan rangkaian kegiatan Safari KRJ Solo ke Bukit Menoreh yang berada di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dalam perjalanan di kawasan itu, KRJ menemukan fakta bahwa Gunung Kunir yang menjadi destinasi wisata yang menarik di Desa Benowo, namun kini dalam kondisi mangkrak, padahal, Desa Benowo termasuk menjadi salah satu desa penyangga kawasan Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Desa Benowo telah dicanangkan sebagai desa penyangga kawasan BOB sejak tahun 2017. 

Namun hingga saat ini, dikatakan, tidak ada perubahan yang berarti dalam pengembangan destinasi wisata di Desa Benowo itu. "Kurang lebih satu bulan lalu kita datang ke sini untuk sekadar jalan-jalan, karena kita senang sekali kegiatan hiking, dan pemerhati lingkungan, kemudian kami mendapati tempat yang bagus, yang luar biasa, yang bisa diolah menjadi destinasi wisata tetapi saya dapati tempat itu agak mangkrak, mungkin kenapa saya juga tidak tahu, maka dengan kedatangan kami yang kedua ini bersamaan dengan HUT Kemerdekaan yang dilaksanakan di Desa Benowo. Kami sebagai pemerhati lingkungan hidup dari KRJ melakukan safari ke puncak Bukit Menoreh di Benowo ini," ungkap Niken saat ditemui di lokasi kegiatan. 

Menurutnya, dilihat dari pemandangan alam sekitar, Desa Benowo memiliki pemandangan yang sangat indah dan bisa menjadi icon spot bernuansa alam yang asri, sebagai penunjang destinasi wisata Borobudur dan menjadi destinasi wisata Purworejo pada khususnya. 

"Ya kalau dapat terwujud, tidak mustahil bisa mendongkrak perekonomian daerah dari sisi pariwisatanya, maka kami mengadakan kegiatan di sini juga dalam rangka mengetuk hati kepada BOB untuk kiranya bisa bergandengan tangan, untuk mewujudkan tempat ini bisa menjadi destinasi yang baik," ujarnya. 

Niken melihat, Gunung Kunir di Desa Benowo memiliki potensi keindahan alam yang menarik untuk bisa dikembangkan sebagai kawasan glamping atau perkemahan, di mana dari puncak Gunung Kunir tersaji pemandangan indah daratan Kabupaten Magelang, pegunungan Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kulonprogo. Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset ketika cuaca cerah tak berkabut dari atas Puncak Gunung Kunir.  Seorang pemerhati potensi daerah yang turut hadir dalam kegiatan itu, AA Jeli, menambahkan, selain untuk mencolek BOB, kedatangan KRJ diharapkan bisa mendorong pemerintah dan stakeholder untuk bisa bersinergi mengelola potensi wisata di Desa Benowo.  

"Saya rasa BOB, pemerintah, dan seluruh stakeholder perlu melakukan studi kelayakan potensi di Desa Benowo. Mereka harus memetakan dan mencari kira-kira hal apa saja yang perlu dikembangkan untuk memasarkan Desa Benowo sebagai desa penyangga kawasan Badan Otorita Borobudur, mungkin terkait infrastruktur perlu diperbaiki untuk mengakses destinasi wisata Gunung Kunir yang lumayan susah bagi bus wisata atau merumuskan sebuah rute transportasi yang bisa mendatangkan wisatawan muda hingga manula ke Desa Benowo, khususnya ke kawasan Bukit Menoreh ini," ujarnya. 

Sementara itu, Pj Kepala Desa Benowo, Jihad Abdani, menyambut kedatangan rombongan relawan Jokowi dengan tangan terbuka. Dani berharap kedatangan rombongan KRJ Solo bisa menjadi pengagas untuk perkembangan Desa Benowo.  

"Semoga hari ini menjadi sejarah dan cita-cita masyarakat Desa Benowo, agar BOB segera merealisasikan pengembangan Gunung Kunir sebagai destinasi wisata penyangga BOB. Karena kalau warga yang mengembangkan potensi Gunung Kunir sendirian, saya kira kurang mampu. Harapannya bisa dikenalkan tidak hanya di Indonesia, syukur-syukur bisa sampai luar negeri," harapnya. (widarto)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

Info Harga Sembako Jogja

INFO CUACA KALTIM